Minggu, 13 Desember 2009

ALIGNING HR AND BUSINESS STRATEGY

“Alignment” (atau dalam bahasa kita dapat menyebutnya sebagai harmonis, selaras, sejalan) merupakan hal yang penting begi perusahaan ketika merumuskan strategi, kebijakan, peraturan, indikator kinerja dan lain-lain.

Ada beberapa tools yang dapat dpergunakan untuk memastikan adanya Alignment dalam perumusan strategi, khususnya dalam perumusan Strategi HR, yang penulis kenal antara lain berupa HR scorecard yang digunakan bersamaan dengan Balanced Scorecard, Tools Pengembangan Strategi HR dari Dave Ulrich dan Tools Pengembangan Strategi HR dari Wayne Brockbank.

Di posting ini, saya kita coba ulas Tools Pengembangan Strategi HR ala Wayne Brockbank, yang menurut hemat penulis menyajikan metode yang lebih simple, mudah untuk disusun dan mudah dimengerti. Tools dari Brockbank ini, disusun berdasarkan frame work bahwa untuk dapat melahirkan strategi yang pas, perusahaan perlu memperhatikan trend lingkungan bisnis dari industri yang digelutinya, lantas dari Strategic Trends dan Business Strategy ini para perumus kebijakan harus dapat mengidentifikasikan kapabilitas internal (khususnya dalam hal Budaya dan Organisasi) apa saja yang diperlukan untuk dapat mengakomodir kedua hal diatas, dan selanjutnya perumus pengelola SDM merumuskan Strategi, kebijakan, prosedur, proses yang sejalan dan mampu mendukung terciptanya kapabilitas internal tersebut.

Proses Strategy Development & Aligment
  1. Identifikasi trend lingkungan bisnis yang memiliki pengaruh signifikan bagi perusahaan
    a. Dapat dilakukan dengan Brainstorming
    b. Fokus pada beberapa trend yang memiliki dampak krusial pada bisnis perusahaan

  2. Tentukan Strategi Bisnis yang tepat.
    a. Temukan competitive advantages utama yang dimiliki perusahaan
    b. Tentukan kriteria sukses dari Strategi Anda.

  3. Identifikasikan karakter yang ideal dari organisasi yang akan mendukung tercapainya Strategi Bisnis.
    a. Identifikasi dapat dilakukan dengan pendekatan 7-S dari Mc Kinsey atau lainnya
    b. Lakukan Gap Analysis dari status Current dan Expected dari karakter diatas
    c. Prioritas pada beberapa saja yang memiliki peran amat penting untuk ditutup gap-nya.

  4. Kembangkan HR Strategy / initiatives yang akan mendukung terwujudnya karakter organisasi yang ideal yang ditulis pada poin 3 diatas.


  5. Buat Action plans, Jadwal, Pic beserta metode pengukuran kesuksesannya.
    Tools
Alat bantu yang dipergunakan dalam penyelarasan (Alignment HR – Business Strategy) ini amatlah simpel. Yang digunakan adalah 3 tabel matriks sebagai berikut, yang sebaiknya diisi dengan hasil workshop dan diberi tanda “V" pada entry yang berkorelasi sebagai tanda alignment. Semakin banyak tanda “V" , maka entry itu bisa dikatakan semakin penting karena terkait dengan banyak entry lainnya.

Berikut tools dari Wayne Brockbank. ini




Tools 1 : Menjawab tantangan lingkungan dengan Startegi yang tepat.





Tools -2 : menyelaraskan strategi bisnis dengan karakteristik organisasi yang ada, maupun karakteristik yang diinginkan untuk ada.




Semoga bermanfaat.