Rabu, 26 Agustus 2009

Overview HR System



HR System masih merupakan pokok bahasan yang jarang ada. Ketika Anda mencari di google dengan keyword HR System, maka mayoritas yang muncul kebanyakan adalah HRIS (Human Resources Information System).

Saya mencoba mendalami disiplin ini. Menarik, karena disini kita mencoba "memperjelas" bisnis proses SDM, mencoba menguraikankan black box dan menyusun satu persatu komponennya sehingga menjadi sebuah sistem yang adil, memotivasi karyawan dan mendukung perusahaan dalam pencapaian sasarannya. Dan saya coba tambahkan kata "Integrated" pada disiplin ini. Sepertinya pas dengan filosofi yang diinginkan. Minimal tambah kerenlah. :-)

Apa itu HR System ? Hmm saya belum menemukan suatu definisi yag pasti. Beberapa 'spesies' yang dekat dengan HR System antara lain adalah HR Cycle, yang ini saya merasa koq kurang dalam hanya bicara siklus. Sepertinya belum mencerminkan adanya sasaran spesifik yang dituju.. hanya menunjukkan aliran 'as it flows'.

Ada pula yang menyebutnya HR Procedures. Yah ini lumayan dekat. Namun jika kita hanya menuliskan prosedur tanpa filosofi tertentu, tanpa sasaran spesifk dan keterkaitan dengan proses SDM yang lain, koq rasanya juga tidak akan begitu tercermin peran HR sebagai Strategic Partner.

Yang jelas, menurut pemahaman saya, HR System adalah sebuah kumpulan dari proses-proses SDM yang dibuat sistemik dan terintegrasi antara satu dan lainnya. Sebagaimana sebuah sistem, maka diharapkan HR System mampu menggambarkan sebuah bisnis proses yang jelas, saling terkait dan memiliki resultant positif dalam mendukung sasaran perusahaan.

Sebagai gambaran awal, saya gambarkan model Kesisteman SDM yang Terintegrasi sebagai berikut:



Dari model yang saya gambarkan diatas, sudah mulai terlihat komponen-komponen dari kesisteman SDM ini bukan ? Kita akan coba bahas satu persatu, lengkap dengan sistem pendukung dan bahasan detil-nya satu persatu. Silakan ikuti posting-posting saya selanjutnya.

Salam Sukses & Berkah,
Kiki Sudiana