Rabu, 23 September 2009

HR System Overview (4 - habis)

Melanjutkan pembahasan hr system overview sebelumnya. Komponen selanjutnya dari siklus sistem SDM adalah Career management.


Career Management.
Selanjutnya ada sub sistem Career Management. Bagi perusahaan yang ingin mempertahankan SDM-nya secara 'agak' long term, maka perlu membuat sistem karir yang jelas bagi karyawannya. Perlu dibuat career path yang jelas, mekanisme seleksi pengisi posisi dan decision making yang jelas dan konsisten serta syarat untuk promosi, mutasi, demosi yang clear dan transparan. Tanpa sistem karir yang jelas, jangan harap karyawan Anda akan betah bertahan lama di perusahaan atau yang lebih parah, mereka bertahan lama di perusahaan sambil ngomel-ngomel dan mempengaruhi teman-temannya, bahwa tidak ada karir di perusahaan ini.

Time & Travel.
Ini tentang pengaturan Perjalanan Dinas, Jam kantor, kebijakan flexi-time, lembur, cuti tahunan, cuti haji, cuti pernikahan (pertama), skorsing, cuti sakit, cuti pendidikan mandiri, cuti alasan penting, cuti besar dll. Semua perlu diatur detil dan komprehensif. Kadang hal-hal remeh seperti ini jika tidak diatur secara detil dan diimplementasikan secara konsisten dan seragam, akan menimbulkan ketidakpuasan dari karyawan. Upayakan untuk mengaturnya secara jelas dan konsisten.

Exit System.
Keluar dari perusahaan bukan hanya pensiun khan ? bisa dari hukuman disiplin, voluntarily resign, Golden shakehand, silver shakehand, meninggal, gugur (hayo.. apa bedanya meninggal dengan Gugur ? :-)), di-uzur-kan, dirumahkan, PHK karena under perform, PHK karena kondisi perusahaan dll. Banyak sekali pintu exit ini ya.. Dan Anda perlu menjabarkannya satu persatu, bagaimana kondisi (syarat berlaku-nya), hak yang bakal diterima karyawan dan juga kewajiban yang perlu diselesaikan karyawan sebelum exit. Jangan lupa untuk menambahkan klausa pengaturan bila karyawan tidak menyelesaikan kewajibannya sebelum resign.

Semua subsistem yang dibahas ini akan dapat berjalan dengan mudah dan baik bila dibantu oleh HRIS (Human Resources Information System) dan perusahaan Anda memiliki peraturan Disiplin yang jelas, serta Norma, Values dan Corporate Culture yang kuat dan positive.

Saya sudahi pembahasan overview ini sampai disini. Posting selanjutnya akan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam setiap sub sistem yang ada.

Salam SuksesBerkah.