Selasa, 11 Mei 2010

Broadband System

Broadband yang saya maksud disini, bukanlah jaringan Broadband untuk hubungan internet, namun lebih ke banding system dan sistem penggajian.



Dalam broadband, tarif dari satu posisi, tidak direpresentasikan dalam single tarrif, namun dalam satu range (band). Ada angka minimum, maksimum dan mid point. Pay Range salary ini lebih ditentukan oleh harga pasar, dan job value. Dia merupakan salah satu pengejawantahan pay for person dalam sistem renumerasi.

Apa kelebihan Broadband ini ? Ingat, salary market selalu bergerak, kebutuhan orang untuk diakui (dalam hal gaji) juga bergerak. Perusahaan yang kaku (tidak beradaptasi dalam hal gaji) akan ditinggal para karyawannya, atau minimal mereka berhenti mengingkatkan kinerja dan kompetensinya.

Implementasi broadband memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan harga pasar, melakukan penyesuaian gaji berdasarkan kinerja/ kompetensi/ kondisi perusahaan.

  1. Bagaimana cara mengimplementasikan broadband ini ?
    Tentukan posisi-posisi yang akan di-broadbandkan.
  2. Cari range salary dari posisi itu di pasar, berapa nilai min-max-nya.
  3. Lakukan penyesuaian gaji minimal mengikuti angka minimal di pasar, bila anggaran tidak memungkinkan untuk melakukannya sekaligus, Anda bisa lakukan secara bertahap
  4. Buat aturan penyesuaian berkalanya minimal mengacu pada posisi gaji karyawan di pay range, pengalaman kerja dan nilai kinerja. Kompetensi. Misal pengalaman 0 tahun, nilai kinerja meet target maka kenaikan 10% dan seterusnya. Anda saya sarankan googling dengan keyword COMPA RATIO untuk mendalami aturan penyesuaian gaji berkala secara broadband. Atau kita bisa diskusi lebih lanjut mengenai broadband ini.
Ada kritik bahwa implementasi broadband akan membuat renumerasi "nempel di orang", sehingga membuat orang tidak dapat turun gaji walaupun posisi berubah atau bahkan bila berstatus non job sekalipun. Oleh karena itu, keputusan menerapkan pure broadband harus dipikirkan secara hati-hati dan memperhatikan kesesuaian dengan filosofi di industri yg berlaku.
Menjawab kekurangan ini, kebanyak perusahaan tidak menerapkan pure broadband, tapi masih menambahkan unsur pay for position (dalam bentuk misal. tunjangan jabatan dll) ke dalam unsur renumerasi karyawan.

Semoga bermanfaat.